RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION (RDJE)
Vol 10, No 1 (2024)

IMPLEMENTASI MEDIA BUKU CERITA ISLAMI DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER GEMAR MEMBACA SISWA KELAS 3 MIN 4 MEDAN

Yusra, Radhiatul (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Salminawati, Salminawati (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Buku cerita islami merupakan buku yang berisi tentang cerita cerita islami yang dapat menumbuhkan rasa penasaran siswa apabila melihat gambar dan karakter pelakon dalam buku cerita islami tersebut. Penelitian ini di latar belakangi oleh media buku cerita islami yang digunakan dalam proses pembelajaran di MIN 4 Medan. Buku cerita islami dapat dijadikan media dalam menumbuhkan karakter gemar membaca siswa di siswa usia sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi dari media buku cerita islami dalam menumbuhkan karakter gemar membaca siswa. Dengan jenis penelitian kualitatif pendekatan deskriptif. Adapun subjek dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III-A dan Wali kelas III-A MIN 4 medan. Menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan studi dikumentasi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik Triangulasi untuk memastikan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penggunaan buku cerita Islami sebagai media dalam pembelajaran telah terbukti efektif dalam menarik perhatian siswa dan menumbuhkan karakter gemar membaca dalam diri siswa. selain mampu menumbuhkan karakter gemar membaca penerapan buku cerita Islami juga dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa dan membantu siwa dalam membangkitkan semangat belajar mereka serta menjadikan proses pembelajaran lebih menyenangkan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

RDJE

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

RDJE: Research and Development Journal of Education (ISSN 2657-1056 for the electronic version and ISSN 2406-9744 for the print version) first published in Oct 2014 is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with ...