Kecerdasan emosional merupakan hal yang sangat penting bagi setiap individu, karena kecerdasan emosional merupakan suatu kemampuan untuk mengendalikan emosi, memotivasi diri sendiri, memiliki empati dan memiliki skill. Selain itu kecerdasan emosional juga memiliki peran yang sangat penting bagi siswa dalam proses belajar karena terkait dengan kesadaran diri dan motivasi yang ada dalam diri siswa. Untuk dapat kita ketahui apakah ada pengaruh yang positif kecerdasan emosional terhadap motivasi belajar. Dalam penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh kecerdasan emosional terhadap motivasi belajar siswa di SMP Muhammadiyah 1 Cileungsi. Metode yang digunakan adalah metode pendekatan kuantitatif dengan pendekatan survey. Sebanyak 20% dari 287 jumlah peserta didik SMP Muhammadiyah Tahun Pelajaran 2023/2024 dan diperoleh 57 peserta didik sebagai sampel. Untuk teknik pengumpulan dilakukan secara acak tanpa ada perbedaan strata yang ada di dalam populasi itu. Hasil analisis dari pengolahan data penelitian bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara kecerdasan emosional siswa terhadap motivasi belajar siswa, semakin tinggi kecerdasan emosional, semakin tinggi juga motivasi belajarnya, sebagai contoh kesadaran diri, niat belajar, komunikasi, kerja sama, kendali diri, empati, terutama kurangnya motivasi belajar.
Copyrights © 2024