Penelitian ini mengkaji tentang manajemen pembinaan kedisiplinan peserta didik di SMA Negeri 6 Wajo. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi pembinaan kedisiplinan peserta didik. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 6 Wajo Kabupaten Wajo. Sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala sekolah, Wakasek Kesiswaan, dan tim khusus disiplin. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembinaan kedisiplinan peserta didik dilaksanakan dengan cara merumuskan tata tertib sekolah sesuai dengan visi dan misi sekolah. Pelaksanaan pembinaan kedisiplinan peserta didik yaitu: pertama, melakukan sosialisasi serta menerapkan peraturan kedisiplinan beserta sanksi yang termuat dalam tata tertib sekolah. Kedua, melakukan razia minimal 2 kali dalam sebulan. Monitoring dan pengawasan yang dilakukan setiap harinya dengan menggunakan catatan kerawanan siswa untuk mengetahui terlaksananya pembinaan disiplin tersebut. Evaluasi kegiatan program pembinaan dilakukan setiap akhir tahun pelajaran. Faktor pendukung, terjalinnya kerja sama antara semua pihak yang terkait, adanya kesadaran dalam melaksanakan job description, pemberian pembinaan yang terus-menerus dilakukan sehari-hari salah satunya melalui keteladanan dari guru-guru. Faktor penghambat, kurangnya kesadaran peserta didik dalam menaati aturan di sekolah, masih kurangnya partisipasi aktif orang tua untuk membina dan membiasakan anaknya dalam berdisiplin, faktor lingkungan dan pergaulan yang membawa pengaruh negatif terhadap peserta didik.
Copyrights © 2023