Journal of Vocational Education and Automotive Technology
Vol 5 No 2 (2023): Journal of Vocational Education and Automotive Technology

ANALISIS KESENJANGAN PELAKSANAAN PROGRAM SMK PUSAT KEUNGGULAN DITINJAU DARI STANDAR PROSES PENDIDIKAN KOMPETENSI KEJURUAN TEKNIK OTOMOTIF SMK PGRI KUWU

Mukhlisin, Yusuf (Unknown)
Ariwibowo, Bayu (Unknown)
Setiawan, Toni (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2023

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk 1) Mengetahui pelaksanaan program SMK Pusat Keunggulan ditinjau dari standar proses pendidikan kompetensi kejuruan Teknik Otomotif SMK PGRI Kuwu. 2)Menganalisis seberapa tingkat kesenjangannya dan merancang bagaimana solusi permasalahan terkait kesenjangan pelaksanan standar proses pendidikan kompetensi kejuruan Teknik Otomotif SMK PGRI Kuwu. Metodologi Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Penelitian deskriptif adalah jenis penelitian yang memberikan gambaran atau uraian atas suatu keadaan sejelas mungkin tanpa ada perlakuan terhadap objek yang diteliti (Kountur, 2005) dengan metode pre-experimental design. Penelitian ini difokuskan 1)Perencanaan pembelajaran. Perencanaan pembelajaran yang diterapkan pada kompetensi kejuruan Teknik Otomotif di SMK PGRI Kuwu diharapkan mampu memenuhi capaian pembelajaran. 2) Pelaksanaan pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan pada kompetensi kejuruan Teknik Otomotif di SMK PGRI Kuwu diharapkan mampu berpusat pada peserta didik. 3) Penilaian proses pembelajaran. Penilaian proses pembelajaran merupakan asesmen terhadap perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang diharapkan mampu meningkatkan kualitas proses pembelajaran pada kompetensi kejuruan Teknik Otomotif di SMK PGRI Kuwu. Hasil Penelitian ini adalah, 1) perencanaan pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru menunjukkan bahwa perencanaannya adalah sangat baik. Hal ini ditunjukkan dengan skor nilai rata-rata 4,42 dengan kategori sangat baik. 2) hasil analisis data pelaksanaan proses pembelajaran dengan responden guru menunjukkan bahwa pelaksanaan proses pembelajaran termasuk kedalam kategori sangat baik dengan skor nilai 4,47. 3) Penilaian hasil belajar menunjukkan skor nilai rata-rata 4,53 dengan kategori sangat baik. Ini menunjukkan bahwa pelaksanaan penilaian hasil belajar sudah sesuai dengan Permendikbud No 81a tentang Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Kata Kunci : Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran, Pelaksanaan Proses Pembelajaran, Penilaian Hasil Belajar, Kurikulum Merdeka Belajar

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

joveat

Publisher

Subject

Engineering

Description

This journal aims to publish the results of research studies, scientific studies, and studies on vocational education in automotive technology conducted by researchers, teachers, lecturers, practitioners in the field of vocational education, and automotive ...