Journal of Vocational Education and Automotive Technology
Vol 5 No 2 (2023): Journal of Vocational Education and Automotive Technology

PENGARUH PEMBELAJARAN PRAKTIK INDUSTRI DAN PELATIHAN PRA KERJA TERHADAP KOMPETENSI PRAKTEK PENGELOLAAN BENGKEL SEPEDA MOTOR SISWA KELAS XII JURUSAN TEKNIK BISNIS SEPEDA MOTOR SMK AL ALIF TUNJUNGAN

Hidayat, Samsul (Unknown)
Apriyanto, Nuraedhi (Unknown)
Bahtiar, Fahmy Zuhda (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2023

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk menguji 1. Mengkaji Pembelajaran Praktik Industri siswa Jurusan Teknik Bisnis Sepeda Motor SMK Al Alif Tunjungan. 2.Mengkaji Praktik Industri siswa Jurusan Teknik Bisnis Sepeda Motor SMK Al Alif Tunjungan. 3.Mengkaji Pengaruh Praktik Industri Terhadap Peningkatan Kompetensi Siswa Jurusan Teknik Bisnis Sepeda Motor SMK Al Alif Tunjungan. Metodologi Penelitian menggunakan metode kuantitatif dan menggunakan pendekatan ex post facto. Penelitian ini difokuskan 1) Pengaruh Praktik Industri Terhadap Peningkatan Kompetensi Siswa Jurusan Teknik Bisnis Sepeda Motor Kelas XII SMK Al Alif Tunjungan 2) Pengaruh Pelatihan Pra Kerja terhadap peningkatan kompetensi Siswa Jurusan Teknik Bisnis Sepeda Motor Kelas XII SMK Al Alif Tunjungan 3) Pengaruh Praktik Industri dan Pelatihan Pra Kerja secara Bersama sama terhadap peningkatan kompetensi Siswa Jurusan Teknik Bisnis Sepeda Motor Kelas XII SMK Al Alif Tunjungan Hasil Penelitian ini adalah, 1) Pembelajaran Praktek Industri di SMK Al Alif Tunjungan (66,67%) mempunyai kategori Baik. 2) Pelatihan Pra Kerja siswa XII di SMK Al Alif tunjungan (66,67%) mempunyai kategori Baik. 3) Peningkatan Kompetensi Praktek Pengelolaan Bengkel Sepeda Motor siswa kelas XII TBSM di SMK Al Alif (72,73%) mempunyai kategori baik. Kata Kunci : Praktek Industri, Pelatihan Pra kerja, Kompetensi

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

joveat

Publisher

Subject

Engineering

Description

This journal aims to publish the results of research studies, scientific studies, and studies on vocational education in automotive technology conducted by researchers, teachers, lecturers, practitioners in the field of vocational education, and automotive ...