Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif yang bersifat expost facto. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan dokumentasi dan angket.Penentuan sampel menggunakan teknik proportional random sampling dengan rumus Slovin didapat jumlah sampel sebanyak 100 siswa. Pengujian data yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Uji persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas, uji linieritas, uji autokorelasi, uji multikolinieritas, dan uji heterokedastisitas. Sedangkan uji hipotesis data dengan menggunakan uji regresi sederhana, uji regresi ganda, uji T, uji F, uji R square (determinan) dengan menggunakan bantuan program pengolah data spss versi 26.0. Hasil analisis menunjukkan model pembelajaran jarak jauh dalam kategori sangat baik, Kemampuan Literasi Digital dalam kategori sangat baik, dan Hasil Belajar dalam kategori kompeten. Uji t variabel model pembelajaran jarak jauh terhadap kompetensi sistem rem hidrolik memperoleh nilai sig. sebesar 0,000 lebih rendah dari 0,05 (? = 5%) sehingga Ha1 diterima, sedangkan uji T Kemampuan Literasi Digital terhadap Hasil Belajar memperoleh nilai sig. sebesar 0,000 lebih rendah dari 0,05 (? = 5%) sehingga Ha2 diterima. Ada pengaruh positif antara model pembelajaran jarak jauh dan Kemampuan Literasi terhadap Hasil Belajar. pada uji F dengan perolehan nilai sig. F sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 (? = 5%) sehingga Ha3 diterima. Besarnya pengaruh model pembelajaran jarak jauh dan Kemampuan Literasi terhadap hasil belajar yang ditunjukkan pada uji R2 (determinan) sebesar 64,1% dan sisanya 35,9 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci : Model Pembelajaran Jarak Jauh, Kemampuan Literasi, Hasil Belajar
Copyrights © 2023