Evaluasi merupakan proses penilaian yang dilakukan untuk memperoleh gambaran tentang keberhasilan suatu tindakan. Evaluasi berangkat dari asumsi bahwa untuk mengetahui kelayakan suatu program, evaluator dapat membandingkan antara apa yang seharusnya diharapkan terjadi (standar) dengan apa yang terjadi. Evaluasi kesenjangan dimaksudkan untuk mengetahuai tingkat kesesuaian antara standar yang sudah ditentukan dalam program dengan kenyataan dari program yang sudah dilakukan. Standar merupakan kriteria yang telah dikembangkan dan ditetapkan dengan hasil yang efektif. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui lebi jelas pada keterampilan komunikasi interpersonal dengan guru. Metode yang digunakan digunakan yaitu metode campuran dengan desain penelitian sekuensial. Instrumen yang digunakan adalah evaluasi keterampilan komunikasi interpersonal dengan guru dengan jumlah 56 item pertanyaan. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa evaluasi keterampilan komunikasi interpersonal dengan guru menunjukkan nilai mean sebesar 6.161 yang termasuk kateori sangat baik. Sedangkan hasil rata-rata evaluasi keterampilan komunikasi interpersonal dengan guru sebesar 334,3 atau 85,28%, sehingga masuk kategori sangat baik.
Copyrights © 2024