Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi
Vol 12, No 2 (2024): Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Berpikir Kritis pada Materi Sistem Gerak Manusia

hanifah, wirdah Millatul (Unknown)
Tambunan, Efrida Prima Sari (Unknown)
Jayanti, Ummi Nur Afinni Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan berjudul “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik  (LKPD) berbasis Keterampilan Berpikir Kritis Pada  Materi Sistem Gerak Manusia. Penelitian ini bertujuan dalam mengembangkan LKPD berbasis Keterampilan Berpikir Kritis pada materi sistem gerak manusia menguji kevalidan, kepraktisan serta mengetahui keefektifan LKPD. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Bintang Bayu. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI berjumlah 25 orang peserta didik. Metode pada penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil  validasi ahli materi diperoleh presentase rata-rata 84% dengan kategori sangat valid. Hasil validasi ahli media diperoleh presentase rata-rata  98%  dengan kategori sangat valid. Hasil penilaian respon pendidik diperoleh presentase rata-rata  90% dengan kategori sangat praktis. Hasil penelitian respon peserta didik diperoleh presentase rata-rata 87,24% dengan kategori sangat praktis. Hasil belajar pada peserta didik terhadap penerapan LKPD berbasis Keterampilan Berpikir Kritis dengan materi sistem gerak manusia mendapatkan hasil yang cukup efektif dengan nilai n-gain sebesar 0,61 dan terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 38,20. Berdasarkan hasil uji kevalidan, kepraktisan, dan kefektifan produk, maka LKPD berbasis Keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Sistem Gerak Manusia yang dikembangkan valid (layak), praktis dan efektif digunakan pendidik dan peserta didik dalam proses pembelajaran Biologi Kata Kunci : LKPD berbasis Keterampilan Berpikir Kritis, R&D model ADDIE, Sistem Gerak Manusia 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

bioed

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Environmental Science Immunology & microbiology

Description

Jurnal Bioed ini memuat hasil penelitian atau kajian teoritis yang berkaitan dengan pengembangan dan peningkatan Pendidikan Biologi (kurikulum, pembelajaran, laboratorium, dan lingkungan) atau telaah kritis dan penuangan ide-ide orisinal dalam ruang lingkup pendidikan Biologi. Bioed diterbitkan ...