Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi
Vol 12, No 1 (2024): Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi

Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sel Berbasis Culturally Responsive Teaching

Arista, Tesalia Vika (Unknown)
Ningsih, Kurnia (Unknown)
Rahmawati, Rahmawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi sel mata pelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan Culturally Responsive Teaching. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 19 Pontianak dengan subjek penelitian siswa kelas VIII C yang berjumlah 32 orang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Data diperoleh melalui kegiatan observasi, hasil belajar serta dokumentasi aktivitas belajar siswa dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dari pra tindakan, siklus I dan siklus II. Aktivitas belajar siswa pada pra tindakan sebesae 73%, mengalami peningkatan pada siklus 1 sebesar 86% dan 91% pada siklus II. Data tersebut menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan melalui pembelajaran berbasis Culturally Responsive TeachingKata Kunci: Aktivitas belajar, Culturally Responsive Teaching, Sel

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

bioed

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Environmental Science Immunology & microbiology

Description

Jurnal Bioed ini memuat hasil penelitian atau kajian teoritis yang berkaitan dengan pengembangan dan peningkatan Pendidikan Biologi (kurikulum, pembelajaran, laboratorium, dan lingkungan) atau telaah kritis dan penuangan ide-ide orisinal dalam ruang lingkup pendidikan Biologi. Bioed diterbitkan ...