Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an
Vol. 11 No. 1 (2024): ELEMENTARY SCHOOL (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-an)

Dampak Penggunaan Model Pembelajaran Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Siswa SD Ditinjau Dari Teori Humanistik

Yuliawati, Ni Putu Feny (Unknown)
Ni Ketut Suarni (Unknown)
I Gede Margunayasa (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jan 2024

Abstract

Minimnya pengetahuan guru tentang teori belajar memberi peringatan bahwa apakah proses pembelajaran yang telah dilakukan berhasil memberi makna pada siswa atau tidak. Implementasi model pembelajaran dengan pendekatan saintifiki memiliki dampak bagi siswa SD. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan dampak penggunaan model pembelajaran dengan pendekatan saintifik terhadap siswa sekolah dasar ditinjau dari teori humanistik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kepustakaan (library research) dengan teknik analisis deskriptif. Dari hasil studi pustaka, ditemukan adanya perubahan dari kualitas rendah menjadi kualitas tinggi karena adanya peningkatan. Peningkatan inilah yang menjadi dampak model pembelajaran dengan pendekatan saintifik pada siswa. Adapun peningkatan yang berhasil dirangkum adalah peningkatan hasil belajar, motivasi belajar, sikap ilmiah, keterampilan proses sains, berpikir kritis dan berpikir kreatif. Ditinjau dari teori belajar humanistik, dampak ini timbul karena model pembelajaran dengan pendekatan saintifik memberi ruang kebebasan bagi siswa untuk mencari tahu dan membangun pengetahuannya sendiri.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

es

Publisher

Subject

Education

Description

Elementary School : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran ke-SD-an published scientific paper of the research result and literature review in the scope of elementary education and learning. Elementary School : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran ke-SD-an publishes scientific writings from the literature ...