Jurnal Pendidikan
Vol 12 No 2 (2024): Jurnal Pendidikan

Berkemajuan Membangun Kultur Islam Berkemajuan Melalui Lembaga Pendidikan

Surindi, Surindi (Unknown)
Romelah, Romelah (Unknown)
Moh. Nurhakim, Moh. Nurhakim (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2024

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan melakukan kajian empiris dan praktis karakteristik Islam berkemajuan dan Inkulturasi pada lembaga pendidikan Muhammadiyah. Pada bagiannya akan menjadi inspirasi dan peran model pendidikan berkemajuan di dunia pendidikan. Sedangkan metode penelitiannya menggunakan sumber dari kepustakaan ( studi perpustakaan). Artinya, data dan bahan kajian yang dipergunakan berasal dari sumber-sumber kepustakaan. Adapun hasil penelitian bahwa ciri-ciri Islam berkemajuan ( al-Islam al-Taqaddumi ) yang mencakup pandangan yang progresif tentang Islam dalam Karakteristik Lima ( al-Khasha'ishu alhamsu ). Ciri-ciri tersebut adalah: (1) Berdasarkan Tauhid ( al-Mabni 'ala al-Tauhid ); (2) Menekankan pemikiran manusia dari paham syirik, sinkretisme, dan nasionalisme agama; (3) Menjunjung tinggi akal dan ilmu pengetahuan; (4) Mendorong keadilan sosial; (5) Menekankan pentingnya akhlak mulia. Inkulturalisasi pendidikan berkemajuan dilakukan dengan : Pertama , membangun sekolah yang mengintegrasikan pendidikan agama dan umum serta memperkuat branding sekolah. Kedua , mengembangkan pendidikan berbasis pada kehidupan sosial dan kebutuhan masyarakat serta dunia kerja. Ketiga , melakukan reformasi sistem dan nilai dengan mengadopsi nilai-nilai modern abad 21. Kata kunci : Islam berkemajuan, Inkulturasi, Lembaga pendidikan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurnalpendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan: Memuat tentang hasil penerbitan atau pemikiran bidang pendidikan yang dilakukan oleh peneliti, guru, dan praktisi ...