Tadris al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban
Vol 2, No 2 (2023): Tadris Al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban

Tahlīl Al-Akhṭa Al-Ṣautiyyah Fī Qirāah Al-Nushūs Al-‘Arabiyyah Ladā Ṭullāb Al-Ṣaff Al-‘Āsyir Bi Madrasah Al-Rosyīdiyyah Al- Ṡānawiyyah Al-Islāmiyyah Bandung

Rahmat Fauzi, Mefta (Unknown)
Nugraha, Dadan (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kesalahan fonologi dalam keterampilan membaca teks bahasa arab (maharah qiro’ah), mengetahui faktor faktor yang menyebabkan kesalahan fonologi dan memberikan solusi untuk mengurangi kesalahan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis terhadap kesalahan membaca dan pelafalan huruf-huruf bahasa arab. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan fonologi dalam mebaca teks bahasa arab yang dilakukan oleh siswa kelas X Madrasah Aliyah Ar-rosyidiyah Bandung terjadi dalam berbagai bentuk diantaranya kesalahan perubahan fonem pengurangan fonem dan penambahan fonem. Faktor penyebab kesalahan fonologi dalam membaca teks disebabkan oleh faktor internal dan eksternal. Adapun upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut bisa dilakukan dengan cara memberikan pengajaran bahasa arab yang sesuai dengan kaidah, Menumbuhkan motivasi dalam membaca, Memberi perhatian khusus pada siswa yang kurang dalam membaca teks Arab dan mengkoordinsasi upaya sekolah dan rumah terkait anak yang kurang dalam membaca.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ta

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Tadris Al-Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban is a peer-reviewed journal on Arabic education field and intended to communicate original research and current issues on the subject. It is published twice a year since 2022 (April and October) in press version and open journal ...