Penelitian ini didasari oleh problematika bahwa mayoritas siswa tidak dapat memahami makna kosakata dengan baik saat guru memberikan latihan soal melalui pemahaman teks. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan membaca siswa sebelum dan sesudah menggunakan metode qawā’id wa tarjamah dengan bantuan kamus Bahasa Arab berbasis mobile, mengetahui keterampilan membaca siswa sesudah menggunakan metode tersebut, serta untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca menggunakan metode qawā’id wa tarjamah dengan bantuan kamus Bahasa Arab berbasis mobile. Peneliti dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode eksperimen dengan desain quasi eksperimen. Adapun hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut; 1) Keterampilan membaca siswa kelas XI MAN 4 Tasikmalaya sebelum menggunakan metode qawā’id wa tarjamah dengan bantuan kamus Bahasa Arab berbasis mobile berada pada level rendah sekali, yang ditunjukan dengan nilai rata-rata sebesar 48,62. 2) Keterampilan membaca siswa kelas XI MAN 4 Tasikmalaya sebelum menggunakan metode qawā’id wa tarjamah dengan bantuan kamus Bahasa Arab berbasis mobile berada pada level sangat baik, yang ditunjukan dengan nilai rata-rata sebesar 82,46. 3) Penggunaan metode qawā’id wa tarjamah dengan bantuan kamus bahasa Arab berbasis mobile terdapat peningkatan yang sedang dan positif dalam keterampilan membaca siswa sebesar 0,6550 atau 65,50%, artinya penggunaan metode ini dapat meningkatkan keterampilan membaca
Copyrights © 2024