Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui permainan ular tangga dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan media permainan ular tangga. Subjek penelitian ini adalah siswa siswa siswi RA Aisiyah tebat kabupaten Bungo. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksankan melalui beberapa tahap dan terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdapat 3 pertemuan. Dari penelitian tindakan kelas yang peneliti lakukan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan bermain ular tangga dapat meningkatkan kemampuan berhitung 1-20 di kelompok B di RA Aisiyah Tebat. Hal ini ditunjukkan, nilai rata-rata yang didapatkan siswa sebelum tindakan adalah 2 orang anak atau 13% yang telah mencapai nilai Bisa Sesuai Harapan (BSH), 3 orang anak atau 20% masih kategori Mulai Berkembang (MB), sedangkan 10 anak atau 66% masih kategori Belum Berkembang (BB). Setelah peneliti melaksanakan penelitian, didapatkan hasil belajar pada siklus I, aktivitas siswa secara keseluruhan dari 15 orang anak, 7 anak atau 46% yang telah mecapai nilai Berkembang Sesuai Harapan (BSH) sedangkan 8 anak atau 53% masih kategori Mulai Berkembang (MB). Pada siklus II aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 86% atau 13 anak telah mencapai nilai Berkembang Sangat Baik (BSB), sedangkan 2 orang anak atau 13% masih kategori Mulai Berkembang (MB).
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022