Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penigkatan perkembangan kemampuan kognitif melalui metode Tahfizul Quran di TK Islam El Fathin Rimbo Ulu. Kemampuan kognitif yang akan ditingkatkan adalah kemampuan mengingat materi pembelajaran yang menjadi kendala guru karena anak mengalami masalah rendahnya kemampuan kognitif dalam mengingat dan mengulang kembali materi pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) secara kolaboratif. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah kelompok B TK Islam El Fathin Rimbo Ulu yang berjumlah 12 anak. Objek penelitian adalah kemampuan kognitif anak melalui metode Tahfizul Quran. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Instrumen yang digunakan dalam observasi berupa lembar penelitian, untuk dokumentasi menggunakan kamera foto untuk mendokumtasikan segala aktivitas anak selama kegiatan dan wawancara menggunakan pedoman wawancara dengan guru kelompok B untuk mengetahui kondisi dan permasalahan yang dihadapi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan kognitif anak berkembang sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan awal kognitif anak prasiklus dengan tingkat perkembangan 25%. Dari pertemuan siklus I tingkat perkembangan kognitif anak sudah mencapai 66,66%. Sedangkan pada siklus II peserta didik menunjukan tingkat perkembangan kognitif anak sudah mencapai 83,33%.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023