Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model antrian yang representatif dan menghitung ukuran performansi pada antrian pelanggan di PT Pos Indonesia (Persero) Malang. Data yang digunakan adalah data jumlah kedatangan pelanggan, data waktu antar kedatangan pelanggan dan data waktu pelayanan pelanggan. Penelitian ini dilakukan di PT Pos Indonesia (Persero) Malang pada server 5 sampai 10. Data penelitian ini diambil pada tanggal 20 Juni 2015. Tanggal 20 merupakan tanggal jatuh tempo untuk pembayaran rekening listrik, rekening PDAM dan rekening telepon sehingga pada tanggal tersebut sering terjadi antrian. Berdasarkan hasil analisis diperoleh model antrian G/G/6: FCFS/∞/∞, dengan G merupakan simbol pengganti untuk Distribusi Burr. Hasil ukuran performansi diperoleh tingkat kegunaan fasilitas (ρ) sebesar 92,4%, rata-rata pelanggan dalam antrian 〖(L〗_q) adalah 4 orang, rata-rata pelanggan dalam sistem 〖(L〗_s) adalah 10 orang, waktu rata-rata pelanggan menunggu dalam antrian 〖(W〗_q) adalah 2.43 menit dan waktu rata-rata pelanggan menunggu dalam sistem 〖(W〗_s) adalah 5.8 menit.
Copyrights © 2022