MODELING: Jurnal Program Studi PGMI
Vol 10 No 4 (2023): Desember

Pengaruh Model Predict, Observe, Explain (POE) terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V Madrasah Ibtidaiyah

Kafiliani, Dwi (Unknown)
Suryawan, Ari (Unknown)
Triana, Putri Meinita (Unknown)
Salsabila, Shafiyya (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil dari peningkatan belajar IPA menggunakan model pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) dengan subjek penelitian 1 orang pendidik dan 15 orang peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Al-Muttaqien Sleman, desain penelitian ini menggunakan pre-eksperimen pre-test-post-test. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi sedangkan anaslis data yang digunakan menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yang dilaksakan mengalami peningkatan dalam tiap siklusnya dan menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik meningkat dengan berbantuan SPSS 20 dengan nilai hipotesis uji t-tes nilai t-hitung (-8.318)> t-tabel(0,514) dan nilai probabilitas (0,000)< 0,05, dari hasil tersebut menunjukkan bahwasanya model POE (Predict, Observe, Explain) memiliki dampak yang signifikan dalam meingkatan hasil belajar IPA pada peserta didik kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-Muttaqien Sleman.

Copyrights © 2023