Journal of Education Research
Vol. 4 No. 4 (2023)

Keterampilan Berpikir Kreatif dan Motivasi terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar

Trimara, Ery (Unknown)
Subroto, Waspodo Tjipto (Unknown)
Hendratno, Hendratno (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh keterampilan berpikir kreatif dan motivasi terhadap hasil belajar IPS siswa sekolah dasar. Sampel dalam penelitian ini adalah lima belas siswa kelas V SD Negeri Sumberarum II Ngraho. Penentuan sampel menggunakan total sampling, yaitu semua anggota populasi menjadi subjek dalam penelitian. Instrumen yang digunakan adalah angket tentang keterampilan berpikir kreatif dan motivasi sedangkan untuk mengetahui hasil belajar IPS menggunakan nilai ujian tengah semester IPS. Data dianalisis menggunakan regresi sederhana, dengan bantuan SPSS dua puluh lima. Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat pengaruh keterampilan berpikir kreatif terhadap hasil belajar IPS.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD ...