Pendampingan terhadap pelaku UMKM dalam upaya meningkatkan pemasaran adalah hal penting dengan semakin banyaknya pesaing di tengah berkembangnya pelaku usaha. Digital marketing memiliki potensi yang sangat besar dalam membantu pemasaran produk. Untuk itu melalui pendampingan dari tim Pengabdian Kepada Masyarakat Magister Manajemen Sekolah Pascasarjana Univierstias Lancang Kuning diharapkandapat meningkatkan pemahaman manajemen pemasaran dan digital marketing. Permasalahan mitra adalah kurangnya pemahaman tentang manajemen pemasaran dan digital marketing. Pemahaman tentang ini sangatlah penting dalam peningkatan volume penjualan produk-produk yang di hasilkan. Target dan luaran yang ingin dicapai adalah; 1). Adanya peningkatan pemahaman manajemen pemasaran dan digital marketing serta mempraktikkannya, 2) Adanya peningkatan penjualan mitra dalam pemasaran produk-produknya, dan 3) Adanya perubahan pola pikir mitra kebutuhan dalam menggunakan digital marketing. Terhadap permasalahan mitra yang terkait dengan kurangnya memanfaatkan digital marketing, team memberikan pendampingan tentang pemanfaatan facebook, instagram dll secara benar dalam meningkatkan penjualan. Metode pelaksanaan kegiatan terdiri atas pendampingan pemanfaatan media sosial seperti facebook ad, instagram dll yang diberikan kepada mitra. Metode yang digunakan, yaitu 1) diskusi interaktif. 2) pendampingan pemanfaatan media sosial yang diberikan kepada mitra, memberikan ulasan terkait dengan problematika selama pendampingan. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyrakat yang telah dilakukan, dapat disimpulkan, antara lain: Dukungan dari pelaku usaha pada kegiatan ini sangat baik; Materi pada kegiatan pendampingan sesuaia dengan kebutuhan pelaku usaha; Terdapat respon positif dari pelaku usaha saat sosialisasi dan pendampingan: Adanya pemahaman pelaku usaha tentang manajemen pemasaran, Pelaku usaha dapat membuat dan mengoperasional akun media sosial
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024