Diklat Review : Jurnal manajemen pendidikan dan pelatihan
Vol. 8 No. 2 (2024)

UPAYA PENINGKATAN PENJUALAN PADA UMKM MELALUI DIGITAL MARKETING E-COMMERCE

Seswandi, Agus (Unknown)
Supeno, Bambang (Unknown)
Burhan, Burhan (Unknown)
Oemar, Fahmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2024

Abstract

Pendampingan terhadap pelaku UMKM dalam upaya meningkatkan pemasaran adalah hal penting dengan semakin banyaknya pesaing di tengah berkembangnya pelaku usaha. Digital marketing memiliki potensi yang sangat besar dalam membantu pemasaran produk. Untuk itu melalui pendampingan dari tim Pengabdian Kepada Masyarakat Magister Manajemen Sekolah Pascasarjana Univierstias Lancang Kuning diharapkandapat meningkatkan pemahaman manajemen pemasaran dan digital marketing. Permasalahan mitra adalah kurangnya pemahaman tentang manajemen pemasaran dan digital marketing. Pemahaman tentang ini sangatlah penting dalam peningkatan volume penjualan produk-produk yang di hasilkan. Target dan luaran yang ingin dicapai adalah; 1). Adanya peningkatan pemahaman manajemen pemasaran dan digital marketing serta mempraktikkannya, 2) Adanya peningkatan penjualan mitra dalam pemasaran produk-produknya, dan 3) Adanya perubahan pola pikir mitra kebutuhan dalam menggunakan digital marketing. Terhadap permasalahan mitra yang terkait dengan kurangnya memanfaatkan digital marketing, team memberikan pendampingan tentang pemanfaatan facebook, instagram dll secara benar dalam meningkatkan penjualan. Metode pelaksanaan kegiatan terdiri atas pendampingan pemanfaatan media sosial seperti facebook ad, instagram dll yang diberikan kepada mitra. Metode yang digunakan, yaitu 1) diskusi interaktif. 2) pendampingan pemanfaatan media sosial yang diberikan kepada mitra, memberikan ulasan terkait dengan problematika selama pendampingan. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyrakat yang telah dilakukan, dapat disimpulkan, antara lain: Dukungan dari pelaku usaha pada kegiatan ini sangat baik; Materi pada kegiatan pendampingan sesuaia dengan kebutuhan pelaku usaha; Terdapat respon positif dari pelaku usaha saat sosialisasi dan pendampingan: Adanya pemahaman pelaku usaha tentang manajemen pemasaran, Pelaku usaha dapat membuat dan mengoperasional akun media sosial

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

diklatreview

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Other

Description

Jurnal Diklat Review (Online ISSN: 2598-6449| Print ISSN : 2580-4111) published by Komunitas Manajemen Kompetitif. This journal published thrice in April, Agustus dan December. It contain the articles such as scientific papers (research and non-research), analytical studies, theoretical applications ...