Pembelajaran field trip bagi anak usia dini merupakan perwujudan dari pembelajaran menyenangkan sambil bermain di luar kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru RA Alif melalui kegiatan field trip ke penerbit Mizan. Metode penelitian ini adalah jenis dekriptif kualitatif, subyek penelitian yaitu partisipan guru-guru RA Alif Cileunyi Kabupaten Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua partisipan berada pada kategori baik skala nilai tiga. Partisipan telah menunjukkan pemahaman dan kemampuan yang baik dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi field trip, serta integrasi pengalaman tersebut ke dalam pembelajaran di kelas. Penelitian ini juga mengidentifikasi tantangan yang dihadapi oleh kompetensi pedagogis di Indonesia, termasuk perbedaan latar belakang pendidikan di antara para guru. Kunjungan lapangan ke penerbit Mizan terbukti mampu meningkatkan kompetensi pedagogik melalui perolehan pengetahuan baru, memperluas jaringan, dan merefleksikan praktik mengajar. Diharapkan guru PAUD, TK atau RA selalu mendapatkan pelatihan atau workshop secara berkelanjutan untuk mengembangkan kemampuan pedagogik dan memperkuat integrasi pengalaman field trip ke dalam kurikulum dan pembelajaran sehari-hari sebagai fokus pengembangan kompetensi guru.
Copyrights © 2024