Journal of Education Research
Vol. 5 No. 1 (2024)

Manajemen Pembelajaran Berbasis Field Trip melalui Kegiatan Kunjungan ke Penerbit Mizan untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di RA Alif Cileunyi Kabupaten Bandung

Sulastini, Rita (Unknown)
Susia, Elis Ela (Unknown)
Adiningsih, Neni Utami (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jan 2024

Abstract

Pembelajaran field trip bagi anak usia dini merupakan perwujudan dari pembelajaran menyenangkan sambil bermain di luar kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru RA Alif melalui kegiatan field trip ke penerbit Mizan. Metode penelitian ini adalah jenis dekriptif kualitatif, subyek penelitian yaitu partisipan guru-guru RA Alif Cileunyi Kabupaten Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua partisipan berada pada kategori baik skala nilai tiga. Partisipan telah menunjukkan pemahaman dan kemampuan yang baik dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi field trip, serta integrasi pengalaman tersebut ke dalam pembelajaran di kelas. Penelitian ini juga mengidentifikasi tantangan yang dihadapi oleh kompetensi pedagogis di Indonesia, termasuk perbedaan latar belakang pendidikan di antara para guru. Kunjungan lapangan ke penerbit Mizan terbukti mampu meningkatkan kompetensi pedagogik melalui perolehan pengetahuan baru, memperluas jaringan, dan merefleksikan praktik mengajar. Diharapkan guru PAUD, TK atau RA selalu mendapatkan pelatihan atau workshop secara berkelanjutan untuk mengembangkan kemampuan pedagogik dan memperkuat integrasi pengalaman field trip ke dalam kurikulum dan pembelajaran sehari-hari sebagai fokus pengembangan kompetensi guru.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD ...