Teori konstruktivisme seperti teori Piaget dicermati sebagai teori perkembangan kognitif. Teori Piaget menyatakan bahwa pelajar bahasa melakukan penemuan sendiri sehingga para pelajar dinyatakan mampu mengkonstruksi pengetahuannya sendiri. perkembangan kognitif merupakan suatu proses genetik, yaitu proses yang didasarkan atas mekanisme biologis dalam bentuk perkembangan sistem syaraf. Makin bertambah umur seseorang, makin komplekslah susunan sel syarafnya dan makin meningkat pula kemampuannya. Kegiatan belajar terjadi seturut dengan pola tahap-tahap perkembangan tertentu dan umur seseorang, sehingga dalam pembelajaran Ba- hasa Inggris, guru harus mampu menentukan cara atau strategi mengajar yang sesuai dengan tingkat karakteristik intelektual pelajar. Dalam pembelajaran bahasa asing, yaitu Bahasa Inggris, teori ini memberikan sumbangan yang besar sehingga perlu dicermati dalam hal bagaimana aplikasi kedua teori ini di kelas Bahasa Inggris. Penelitian ini bersifat deskriptif dilakukan dengan library research melalui penelusuran literatur-literatur terdahulu. Proses penelitian kepustakaan ini dilakukan dengan menilik kajian-kajian yang ada sesuai topik yang relevan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023