Latar belakang penelitian ini adalah terkait dengan pesatnya kemajuan teknologi khususnya dalam konteks pendidikan. Dalam perkembangan teknologi pendidikan, media yang interaktif dan bervariasi seperti Canva menjadi relevan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana Canva digunakan dalam pembelajaran bahasa Inggris. Metode penelitian yang diterapkan adalah deskriptif kualitatif, dimana pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan penyebaran kuesioner. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya. Analisis data menggunakan pendekatan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penerapan Canva dalam pembelajaran bahasa Inggris di kelas XI SMAN Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya berlangsung menarik, interaktif, dan menumbuhkan keterlibatan aktif siswa dan guru sehingga menghasilkan lingkungan belajar yang kondusif. Kesimpulannya, penerapan Canva dalam pembelajaran bahasa Inggris mendapat respon positif dari siswa dan dinilai berhasil mendukung proses pembelajaran.
Copyrights © 2024