Penelitian ini dilatar belakangi pada fakta bahwa guru BK di SMP Negeri seratus delapan puluh tujuh Jakarta memiliki waktu yang terbatas untuk memberikan layanan dan tidak memiliki media pendukung untuk memberikan layanan dalam merencanakan karir siswa. Ketidakmampuan guru BK ini disebabkan oleh ketersediaan jam pelajaran BK yang terbatas dan kekurangan media pendukung, khususnya dalam pemberian layanan karir siswa di sekolah. Selain itu data awal yang dikumpulkan menunjukkan bahwa siswa di SMP Negeri seratus delapan puluh tujuh Jakarta memiliki perkembangan pengetahuan karir yang belum maksimal. Bimbingan kelompok dengan menggunakan media video edukasi merupakan salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan ini. Adapun tujuan penelitian ini ialah untuk mengidentifikasi penerapan layanan bimbingan kelompok dengan media video edukasi terhadap perencanaan karir siswa di SMP Negeri seratus delapan puluh tujuh Jakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah pra eksperimen. Subjek penelitian ini melibatkan dua belas siswa kelas VIII SMP Negeri seratus delapan puluh tujuh Jakarta, yang terdiri dari empat siswa laki-laki dan delapan siswa perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata nilai pre-test lima puluh tiga, hal ini menunjukkan bahwa penerapan bimbingan kelompok menggunakan media video edukasi dapat mempengaruhi perencanaan karir siswa.
Copyrights © 2024