Journal of Education Research
Vol. 5 No. 3 (2024)

Implementasi Multiple Intelligences Research (MIR) untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran

Purnomo, Alip (Unknown)
Rahmasari, Diana (Unknown)
Riyanto, Yatim (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan Multiple Intelligences Research untuk meningkatkan mutu pembelajaran di School of Human Bekasi. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analitik terhadap subjek penelitian yang ada di lapangan dan diperoleh data yang berasal dari wawancara dan observasi, serta data dari studi dokumentasi. Subjek dalam penelitian adalah direktur, kepala sekolah dan guru BK di School of Human Bekasi. Pengecekan keabsahan data pada penelitian kualitatif dilakukan dengan langkah-langkah diantaranya member-cek, triangulasi, memperpanjang pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan analisis kasus negative. Hasil penelitian menunjukkan Implementasi MIR di School of Human dilaksanakan secara komprehensif sejak dari penerimaan siswa baru, pembagian kelas, penerapan pada sistem pengajaran, kegiatan pengembangan, perancangan karir bagi siswa, hingga penerapan sistem penilaian yang otentik.  School of Human menerapkan MIR untuk meningkatkan kualitas pembelajaran melalui jalan pencapaian akademis, penguatan karakter, dan pengembangan karir siswa. School of Human meyakini bahwa setiap anak itu cerdas, dan melalui sebuah Manajemen Talenta Sekolah yang baik sekolah dapat mengelola, mengembangkan, dan mengatasi hambatan belajar dengan memberikan rangsangan yang tepat untuk setiap jenis kecerdasan yang berbeda.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD ...