Karangan deskripsi merupakan salah satu materi pembelajaran bahasa di tingkat Sekolah Menengah Atas.  Namun, siswa sering kali melakukan kesalahan berbahasa dalam menulis karangan deskripsi yang dapat mempengaruhi kadar tulisan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesalahan berbahasa siswa Kelas X MA Al-Barokah Kolese. Penelitian termasuk dalam jenis penelitian lapangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Data penelitian ini adalah kesalahan penulisan yang bersumber dari karangan deskripsi yang ditulis oleh siswa Kelas X MA Al-Barokah Kolese. Data dikumpulkan dengan teknik tes mengarang teks deskripsi secara langsung. Setelah itu, data dianalisis berdasarkan langkah yang dikemukakan oleh para ahli terkait analisis kesalahan berbahasa Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukan kesalahan yang terdapat pada penulisan kata merupakan kesalahan paling banyak dan diprediksi menjadi potensial mendatangkan kesalahan pada penulisan karangan deskripsi selanjutnya. Analisis data kuantitatif menunjukkan bahwa dari tiga puluh orang siswa yang menjadi sampel penelitian terdapat kesalahan penulisan kata sebanyak tujuh puluh empat kesalahan, kesalahan penggunaan huruf kapital sebanyak lima puluh satu kesalahan, dan  kesalahan penggunaan tanda baca sebanyak tiga puluh lima kesalahan. Total kesalahan bebahasa secara keseluruhan berjumlah seratus enam puluh kesalahan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024