Emphaty Cons : Journal of Guidance and Counseling
Vol 5 No 1 (2023): Februari 2023

Efektivitas Model Peer Counseling dalam Layanan Konseling Kelompok Untuk Mereduksi Prokrastinasi Akademik

Ramadhani, Alfina Wimar (Unknown)
Ahdiansyah, M Hafidz (Unknown)
Angga Dewi, Widya Novi (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Feb 2024

Abstract

Prokrastinasi akademik merupakan keterlambatan yang disebabkan oleh peserta didik yang sengaja menyepelekan tugas dengan menunda- nunda karena motivasi yang tidak rasional. Prokrastinasi akademik ini tentu saja akan menjadi kebiasaan buruk yang merugikan peserta didik kedepannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan Efektivitas dari layanan konseling kelompok dengan model peer counseling dalam mereduksi prokrastinasi akademik siswa/siswi SMK Islam Al-Bisyri Semarang Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan design one group pretest-posttest design. Hasil pengolahan data diketahui bahwa tingkat prokrastinasi akademik peserta didik dari hasil pretest didapatkan skor rata-rata 81,38. Setelah mendapatkan treatment peserta didik di tes kembali dengan adanya penurunan prokrastinasi akademik yang berupa hasil posttest dengan skor rata-rata sebesar 53,75. Dari hasil T-test Paired Sample, dapat diketahui nilai Sig(2-tailed) sebesar 0,000<0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rerata antara pretest postest, yang artinya terdapat pengaruh layanan konseling kelompok dengan model peer counseling dalam mereduksi prokrastinasi akademik pada siswa kelas X SMK Islam Al-Bisyri Semarang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

emp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal empathy cons adalah jurnal yang menerbitkan karya ilmiah di bidang bimbingan dan konseling yang terkait dengan bidang pendidikan dan non pendidikan. Jurnal ini menyediakan kesempatan bagi para peneliti untuk mempublikasikan karya ilmiahnya, bidang konseling dan psikologi yang akan ...