Emphaty Cons : Journal of Guidance and Counseling
Vol 6 No 1 (2024): Februari 2024

Upaya Mengatasi Kemalasan Belajar Melalui Konseling Realitas Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Penawangan ( Studi Kasus )

harist, abdur rahman (Unknown)
Haksasi, Banun Sri (Unknown)
Prihandoko, Tri Leksono (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kemalasan Belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Penawangan. Dalam kegiatan pembelajaran di sekolah, kita dihadapkan dengan sejumlah karakteristik siswa yang beraneka ragam. Pengumpulan data menggunakan observasi,dokumentasi dan wawancara, data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Jenis penelitian ini menggunakan Observasi ( Pengamatan ), Wawanacara dan serta Dokumentasi. Pengamatan atau observasi di SMP Negeri 1 Penawangan dan dari hasil wawancara yang dilakukan oleh peneliti dengan orang tua anak tersebut sibuk bekerja. Padahal untuk meningkatkan kemampuan belajar anak perlu adanya kerjasama antara sekolah dengan orang tua Berdasarkan hasil analisis data maka hasil penelitian ini menunjukkan bahwa “ Upaya Mengatasi Kemalasan Belajar Melalui Konseling Realitas Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Penawangan ( Studi Kasus )” sangat efektif

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

emp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal empathy cons adalah jurnal yang menerbitkan karya ilmiah di bidang bimbingan dan konseling yang terkait dengan bidang pendidikan dan non pendidikan. Jurnal ini menyediakan kesempatan bagi para peneliti untuk mempublikasikan karya ilmiahnya, bidang konseling dan psikologi yang akan ...