Emphaty Cons : Journal of Guidance and Counseling
Vol 6 No 1 (2024): Februari 2024

Pengembangan Aplikasi ASPERDIK (Asesmen Perkembangan Peserta Didik) Jenjang SMP Berbasis Spreadsheet Dalam Penyusunan Program Layanan BK Komprehensif

kurniawan, aditya dwi (Unknown)
Angga Dewi, Widya Novi (Unknown)
Indarwati, YM (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan Aplikasi ASPERDIK Jenjang SMP Berbasis Spreadsheet dalam Penyusunan Program Layanan BK Komprehensif. Pengembangan aplikasi ASPERDIK ini menggunakan pendekatan Penelitian dan Pengembangan (Research and Depelopment) dengan model PPE yaitu Planning, Production, Evaluation. Dilakukan uji validitas konstruk, ahli materi, ahli IT, dan praktisi untuk mengetahui kelayakan dan efektifitas aplikasi yang dikembangkan. Uji validitas konstruk menggunakan teknik Corrected Item-Total Correlation dengan membandingkan skor pada Corrected Item-Total Correlation dengan harga kritik validitas instrumen yaitu 0,3. Apabila skor Corrected Item-Total Correlation lebih besar dari harga kritik validitas instrumen, maka butir pernyataan tersebut dinyatakan valid. Uji reliabilitas menggunakan Split Half Spearman Brown dengan kriteria apabila nilai Guttman Split-Half Coefficient lebih besar dari 0,8 maka instrumen yang dikembangkan adalah reliabel. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa dari pengujian validitas dan reliabilitas konstruk menunjukan seluruh butir item valid dan reliabel. Hasil validitas ahli materi memperoleh persentase sebesar 74% hal ini menunjukkan bahwa aplikasi yang dikembangkan masuk kriteria layak. Hasil validitas ahli IT memperoleh persentase sebesar 87% hal ini menunjukkan bahwa aplikasi yang dikembangkan masuk kriteria sangat layak. Berdasarkan uji efektivitas produk kepada 7 orang praktisi memperoleh 5 kriteria sangat layak dan 2 kriteria layak. Dapat disimpulkan bahwa aplikasi ASPERDIK yang dikembangkan layak dan efektif digunakan untuk penyusunan program layanan BK di sekolah

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

emp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal empathy cons adalah jurnal yang menerbitkan karya ilmiah di bidang bimbingan dan konseling yang terkait dengan bidang pendidikan dan non pendidikan. Jurnal ini menyediakan kesempatan bagi para peneliti untuk mempublikasikan karya ilmiahnya, bidang konseling dan psikologi yang akan ...