Rendahnya kedisiplinan belajar siswa dalam mengelola waktu yang mengakibatkan rendahnya kedisiplinan belajar. tujuan pada penelitian ini untuk mengetahui mengetahui bagaimana gambaran kedisipilan belajar siswa dan juga untuk mengetahui bagaimana penerapan Book Planner Self-management bagi siswa dalam meningkatkan kedisipilan belajarnya. Jenis penelitian menggunakan pendekatan kuantitaif Quasi Eksperimen, Nonequivalent Control Group Design. subjek yang terlibat dalam penelitian siswa kelas 11. Populasi pada penelitian ini sebanyak 296. Teknik dalam pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengambilan data menggunakan angket atau kuisioner. Metode analisis data 3 uji yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil dari uji normalitas menggunakan SPSS 23 Kolmogorov-Smirnov dengan hasil lebih dari taraf signifikansi 0.05 berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas lebih dari taraf signifikansi 0.05, H0 diterima homogen. Dan hasil uji hipotesis lebih besar dari taraf signifikansi 5% maka Ho diterima. Kesimpulannya penerapan book planner self management memberikan pengaruh ke arah lebih baik dan nantinya bisa dijadikan pentingnya disini bisa diambil oleh peran guru Bimbingan dan Konseling di sekolah sebagai salah satu cara dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa.
Copyrights © 2024