Emphaty Cons : Journal of Guidance and Counseling
Vol 5 No 2 (2023): Agustus 2023

INDIKATOR-INDIKATOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BERPRESTASI SISWA SMP NEGERI 1 KARANGRAYUNG

Ria, Intan Ade (Unknown)
Redjeki, Sri (Unknown)
Angga Dewi, Widya Novi (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Feb 2024

Abstract

Motivasi berprestasi merupakan hal yang sangat penting dalam proses pembelajaran, Tujuan penelitian ini adalah untuk, (1) Mendeskripsikan indikator-indikator yang mempengaruhi motivasi berprestasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Karangrayung. (2) mendeskripsikan Indikator yang paling mempengaruhi motivasi berprestasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Karangrayung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, yang merupakan penelitian spesifik, sistematis, terancang, dan terstruktur dengan jelas sejak awal hingga pembuatan desain penelitiannnya. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 20 siswa kelas VII F SMP Negeri 1 Karangrayung yang dipilih secara random atau acak. Peneliti ini menggunakan subjek siswa kelas VII di SMP N 1 karangrayung. Dalam penelitian ini jumlah populasinya adalah 320 siswa dengan sampel penelitian sebanyak 20 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah angket wawancara, dan dokumentasi, secara mendalam sehingga nantinya mendapatkan data akurat terhadap permasalahan subjek. Sampel ini kemudian diberikan sebuah angket yang berisi 23 soal pertanyaan yang harus mereka isi sesuai dengan keadaan mereka yang sebenarnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator-indikator yang pengaruh pada motivasi berprestasi siswa adalah sebagai berikut: indikator memiliki tanggung jawab yang tinggi, tekun dan ulet dalam menghadapi tugas, lebih senang bekerja mandiri, menyukai tantangan dan suka bekerja keras, serta memiliki target. Indikator yang paling berpengaruh adalah indikator pertama yaitu memiliki tanggung jawab yang tinggi dengan prosentase pengaruh sebesar 76,25%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

emp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal empathy cons adalah jurnal yang menerbitkan karya ilmiah di bidang bimbingan dan konseling yang terkait dengan bidang pendidikan dan non pendidikan. Jurnal ini menyediakan kesempatan bagi para peneliti untuk mempublikasikan karya ilmiahnya, bidang konseling dan psikologi yang akan ...