Kepercayaan diri peserta didik SMK Ma'arif NU Talang relatif rendah. Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui proses pelaksanaan program Bimbingan Kelompok dengan Media Film Imperfectdalam meningkatkan kepercayaan diri Peserta Didik mengetahui peran Guru BK dalam penyelengaraan program Bimbingan Kelompok dengan Media Film Imperfect; dan mengetahui efektivitas Bimbingan Kelompok dengan Media Film Imperfect efektif dalam meningkatkan kepercayaan diri Peserta Didik. Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif fenomenologis. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara, sedangkan analisis data menggunakan metode triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa Program Bimbingan Kelompok dilaksanakan melalui empat tahap yaitu permulaan, transisi, perkembangan kohesivitas, dan terminasi; dalam pelaksanaan Bimbingan Kelompok media film Imperfect. Guru BK berperan sebagai Informator, Director, Fasilitator, Inisiator, Evaluator, dan Motivator; dan Program Bimbingan Kelompok dengan Media Film Imperfect efektif meningkatkan kepercayaan diri Peserta Didik di SMK Ma’arif NU Talang Kabupaten Tegal. Terdapat sembilan belas peserta didik yang mengalami peningkatan kepercayaan diri secara maksimal, dan dua peserta didik yang berada pada tahap mengalami perkembangan sehingga dalam menjalankan peran Guru BK perlu memperhatikan diverensiasi masalah peserta didik, mengoptimalkan peran sebagai transmitter, dan melakukan repetisi pemutaran film sebagai Media Bimbingan.
Copyrights © 2024