Didaktika: Jurnal Pemikiran Pendidikan
Vol 29 No 2 (2023): Volume 29 Nomor 2 September 2023

Upaya Peningkatan Kolaborasi Antar Peserta Didik Melalui Implementasi Manajemen Kelas Menggunakan Teknik Friendship Grouping

Anggristia, Serly (Unknown)
Edy, Sarwo (Unknown)
Hariyadi, Rudi Sugeng (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2023

Abstract

Proses pembelajaran yang dilaksanakan selama ini, belum mengarah ke proses pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Dampak yang ditimbulkan dari pola pembelajaran ini adalah kurangnya interaksi kolaboratif diantara peserta didik saat berpartisipasi dalam diskusi kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kolaborasi antar peserta didik dalam diskusi kelompok pada mata pelajaran matematika di kelas VII B SMP Negeri 1 Diwek dengan mengimplementasikan manajemen kelas menggunakan teknik friendship grouping. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian melibatkan 30 peserta didik dari kelas VII B pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Proses penelitian terdiri dari dua siklus, dengan refleksi tindakan yang dilakukan pada akhir setiap siklus. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui lembar observasi dan dokumentasi. Hasil rata-rata persentase kolaborasi antar peserta didik dalam diskusi kelompok menunjukkan peningkatan dari siklus pertama (69%) menjadi siklus kedua (77%). Dengan demikian, hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi manajemen kelas menggunakan teknik friendship grouping berhasil meningkatkan kolaborasi antar peserta didik dalam diskusi kelompok.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

didaktika

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

didaktika Jurnal Pemikiran Pendidikan memuat hasil penelitian dibidang pendidikan, baik pendidikan matematika, pendidikan bahasa inggris maupun pendidikan ...