Perkembangan Pendidikan pada abad 21 dapat menciptakan keterampilan peserta didik, agar terlaksana dengan baik perlu bantuan teknologi untuk mengasah kemampuan peserta didik agar melek informasi, sehingga perlu melakukan pengembangan e-LKPD Liveworksheets berbasis PBL pada materi perairan darat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan e-LKPD, menganalisis hasil belajar setelah menggunakan e-LKPD , menganalisis respon peserta didik. Model pengembangan yang diterapkan yakni 4D (Define, Design, Develop, Desimnate), dengan teknik pengumpulan menggunakan angket, soal pretest posttest, wawancara, dokumentasi. Berdasarkan hasil validasi dari 3 para ahli e-LKPD dikatakan sangat layak, Hasil Pretest dan Posttest mengalami perbedaan dengan nilai sig 0,000 < 0,005 artinya ada perbedaan nilai Pretest dan Posttest. Angket respon yang dilakukan oleh 31 peserta didik diperoleh hasil penilaian dengn skor 85% yang artinya sangat layak dan dilihat dari antusias dan keaktifan peserta didik sehingga respon yang diberikan sangat positif.
Copyrights © 2024