Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat diartikan bahwa Di SDN Sidoklumpuk Sidoarjo, kebugaran jasmani siswa kelas II meningkat karena penggunaan permainan dadu aktif. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah metode yang digunakan dalam penelitian ini dan melibatkan 60 siswa sebagai subjek. PTK merupakan metode penelitian yang dilakukan oleh guru di kelasnya untuk memperbaiki praktik pembelajaran dan meningkatkan kualitas pembelajaran. PTK memerlukan tindakan atau intervensi berulang selama jumlah waktu yang telah ditentukan. dan diikuti dengan refleksi dan evaluasi. Dalam penelitian ini, permainan aktif dadu digunakan sebagai intervensi untuk meningkatkan kebugaran fisik siswa. Dengan menggunakan permainan ini, terlibat dalam aktivitas fisik yang menyenangkan dan merangsang siswa, sehingga dapat meningkatkan motivasi dan partisipasi dalam kegiatan olahraga. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diartikan bahwa penerapan permainan aktif dadu dapat meningkatkan keberhasilan siswa dalam meningkatkan kebugaran fisik. Pada siklus I, mempresentasikan keberhasilan siswa adalah 75% dengan 45 siswa yang telah tuntas dan 15 siswa yang belum tuntas. Namun, setelah selesai siklus II, menunjukkan keberhasilan meningkat menjadi 91% dengan 55 siswa yang telah tuntas dan 5 siswa yang belum tuntas. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penerapan permainan aktif dadu dalam pembelajaran olahraga dapat meningkatkan partisipasi siswa dan membantu meningkatkan kebugaran fisik mereka. Dalam hal ini, permainan aktif dadu dianggap sebagai cara yang efektif dan menyenangkan untuk memotivasi siswa dalam mengikuti kegiatan olahraga.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024