Penelitian ini di latarbelakangi oleh dari hasil pengamatan yang dilakukan peneliti di SD 05 Sijuk dan penelitian terdahulu tentang tenis meja, menarik perhatian penulis untuk meneliti “penerapan media dinding dan media multiball terhadap peningkatan keterampilan gerak dasar bermain tenis di SDN 05 Sijuk, dengan maksud untuk mengetahui pengaruh penerapan media dinding dan media multiball terhadap peningkatan keterampilan gerak dasar bermain tenis meja siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest- posttest design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa dan siswi SDN 05 Sijuk. Sampel dalam penelitian ini adalah 28 orang siswa dengan teknik Stratified sampling. Instrument yang di gunakan dalam penelitian ini menggunakan instrumen berbasis kinerja permainan tenis meja. Hasil penelitian menunjukan t hitung 3,389 dan t tabel 2,052 (df .27) dan nilai signifikansi (Sig) sebesar 0, 02. Oleh karena t hitung 3.389 > t tabel 2,052, dan nilai signifikansi 0, 02 < 0, 05. Maka hasil ini menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan. Dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi “ada pengaruh penerapan media dinding dan media multiball terhadap peningkatan keterampilan gerak dasar bermain tenis meja di SDN 05 Sijuk”, diterima. Artinya penerapan media dinding dan media multiball memberikan pengaruh terhadap peningkatan keterampilan gerak dasar bermain tenis meja di SDN 05 Sijuk.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024