Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi akademik siswa dalam mata pelajaran pendidikan jasmani, khususnya yang berfokus pada kelulusan kurikulum. Hal ini dicapai dengan menerapkan metode pengajaran langsung di kelas tiga di sekolah SD NEGERI 050659 Stabat tahun ajaran 2023/2024. Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, dengan penekanan khusus pada kelas yang menghadapi banyak tantangan. Kelas yang diteliti memiliki total 26 siswa yang terdaftar. Evaluasi hasil belajar dan lembar observasi digunakan untuk proyek ini. Tingkat pertumbuhan mengalami peningkatan yang signifikan dari 57,69% pada siklus I menjadi 88,46% pada siklus II. Salah satu temuan yang dihasilkan dari penelitian yang dilakukan adalah ini. Dengan menganalisis data, dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa, yang dievaluasi melalui tes hasil belajar, masih jauh di bawah rata-rata sebelum gaya mengajar komando diperkenalkan. Hal ini memungkinkan untuk menentukan bahwa siswa dapat berhasil menyelesaikan proses pembelajaran pada akhir siklus II jika mereka termotivasi dan jika metode pembelajaran diadaptasi untuk meningkatkan pengalaman belajar mereka. Alasan di balik hal ini adalah bahwa anak-anak memiliki kapasitas untuk memperoleh pengetahuan sementara. Kurangnya keakraban siswa dengan metode pembelajaran yang diberikan oleh peneliti selama siklus I menjadi alasannya. Akibatnya, siswa diharuskan untuk menyesuaikan diri dengan taktik pembelajaran yang telah ditetapkan oleh peneliti. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II ketika gaya mengajar direktif diperhitungkan. Temuan penelitian yang telah dijelaskan sebelumnya menjadi dasar dari kesimpulan ini.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024