Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian (SNHRP)
Vol. 6 (2024): Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian (SNHRP) Ke 6 Tahun 2024

TELAAH MEDIUM KRITIK SOSIAL BERBASIS BUDAYA POPULER VIDEO GAME

Arditya Prayogi (Unknown)
Imam Prayogo Pujiono (Unknown)
Dicky Anggriawan Nugroho (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Video game sering dipandang sebagai suatu bagian dari kegiatan tersier dalam kehidupanmanusia. Sebagai kegiatan tersier, video game kemudian dianggap tidak memiliki fungsi dalammelakukan kegiatan yang bermakna dalam masyarakat, termasuk salah satunya fungsi kritiksosial. Artikel ini kemudian bertujuan untuk menjelaskan bahwa video game secara konseptualserta praktis dapat digunakan sebagai salah satu medium kritik sosial. Artikel ini ditulis denganpendekatan deskriptif kualitatif yang didukung oleh proses pengumpulan data melalui studiliteratur. Dari hasil telaah didapatkan gambaran bahwa video game mampu memproduksi danmereproduksi budaya dan ideologi dalam pikiran masyarakat melalui unsur partisipatifsehingga dapat diciptakan dan dijadikan sebagai alat kritik sosial terhadap suatu kebijakan.Secara konseptual, video game menjadi agen budaya yang mempunyai kekuatan tersendiridalam hal menghasilkan makna darinya yang terbuka. Secara praktis, bentuk dan fungsi videogame sebagai alat kritik sosial berujung pada hadirnya video game sebagai alternatif cara dalammenyampaikan kritik secara kreatif.Kata kunci: budaya populer; medium kritik; video game

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

snhrp

Publisher

Subject

Other

Description

Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian (SNHRP) merupakan salah satu ajang mempertemukan para peneliti disemua bidang pada tingkat nasional. Tujuan diadakan kegiatan ini agar peneliti akan mampu mengembangkan jaringan sosial, bertukar pengetahuan dan membangun jaringan yang kuat antara komunitas ...