Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama dan Kebudayaan Hindu
Vol 14 No 2 (2023): Widya Genitri: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama dan Kebudayaan Hindu

PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) KELAS V SD INPRES SALUMONI

Artini, Ni Putu Novi (Unknown)
Hariani, Ni Made Mega (Unknown)
Anta, I Made Nuhari (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar melalui model Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas V SD Inpres Salumoni. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari dua siklus, dari setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 87,5% (baik). Pada siklus II meningkat menjadi 95,31% (sangat baik). Hasil belajar siklus I diperoleh 27 siswa yang tuntas dan 7 siswa tidak tuntas dengan persentase daya serap klasikal 76,61% dan ketuntasan belajar klasikal 79,41%. Hasil belajar siklus II diperoleh 30 siswa yang tuntas dan 4 siswa yang tidak tuntas, diperoleh daya serap klasikal 77,5% dan ketuntasan belajar klasikal 88,23%, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas V SD Inpres Salumoni dalam pembelajaran IPA.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

widyagenitri

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Fokus Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama dan Kebudayan Hindu tidak hanya menekankan pada fakta empiris atau teori murni, atau terhadap satu metode atau pendekatan tertentu. Scope Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama dan Kebudayaan Hindu memiliki Scope sebagai berikut : ...