Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi guru agama Hindu dalam mengajar pada masa pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar Inpres Dwipa Karya, Kabupaten Banggai, Provinsi Sulawesi Tengah dan untuk mengetahui kendala dan upaya yang dilakukan oleh guru agama Hindu dalam mengajar pada masa pandemi Covid-19. Metode penelitian: deskriptif kualitatif. Metode observasi menggunakan observasi nonpartisipan. Subjek dalam penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Inpres Dwipa Karya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, studi kepustakaan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan strategi guru agama Hindu dalam mengajar pada masa pandemi Covid-19: Menentukan ide konsep strategi pembelajaran; Perencanaan strategi: guru membuat Silabus, RPP. Metode pembelajaran: home visit method, assignment method. Media pembelajaran: buku agama Hindu budi pekerti, upadesa. Kegiatan pembelajaran: pendahuluan, kegiatan inti, penutup; Pelaksanaan strategi pembelajaran: melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan metode home visit dan assignement method. Kendala: keadaan lingkungan kurang kondusif; kurangnya fasilitas pembelajaran. Upaya: membuat lingkungan menjadi nyaman untuk belajar; menyediakan buku materi pelajaran untuk siswa.
Copyrights © 2023