Tujuan penelitian adalah : 1) Untuk mengetahui peranan Utama Widya Pasraman Wira Dharma dalam pembentukan karakter siswa?; 2) Untuk mengetahui hambatan dan upaya Lembaga Utama Widya Pasraman Wira Dharma dalam pembentukan karakter siswa. Penelitian menggunakan dua teori yaitu Fungsional Struktural dan Teori Behaviorisme, Penelitian menggunakan metode kualitatif dan penentuan informan dengan purposive sampling. Hasil penelitian di lapangan menunjukan bahwa: : Peranan Utama Widya Pasraman Wira Dharma Palu dalam pembentukan karakter siswa adalah: a) Melaksanakan kegiatan yang sudah disusun tepat waktu sesuai jadwal yang ditetapkan; b) Perubahan pada beberapa siswa yang dulunya memiliki karakter yang kurang baik; c) Karakter siswa yang memiliki masalah psikologis dimana pada saat pertama bersekolah mereka cenderung pendiam, pemalu, susah untuk bersosialisasi dan memiliki mental yang rendah, namun setelah dilakukan pembinaan karakter semua siswa sudah berani untuk tampil di depan umum. Hambatan dalam pelaksanaannya a) kurangnya minat Siswa Mengikuti Kegiatan dan Pembinaan, b) kurangnya kehadiran pembina dalam melaksanakan pembinaan di pasrama, c) Sarana dan prasaran yang kurang memadai. Upaya untuk menanggulangi hambatan tersebut: a) Memberikan hadiah atau reward, b) Memberikan himbauan-himbauan Kepada guru pembina, b) menyediakan sarana pendukung secara bertahap.
Copyrights © 2024