Educatif: Journal of Education Research
Vol 5 No 2 (2023): April

Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Indahnya Saling Menghargai Dalam Keragaman Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Pilangsari 1 Ngrampal

Riyanti, Indra Lusiana (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Pilangsari 1 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Indahnya Saling Menghargai dalam Keberagaman. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data kuantitatif dilakukan melalui proses pengerjaan LKPD dan menyebar angket. Pengumpulan data kualitatif melalui proses observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data kualitatif mengacu pada Miles dan Huberman. Analisis data kuantitaif mengacu pada hasil belajar dan angket. Penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan jumlah siswa yang mencapai hasil belajar dari siklus I sebesar 89% dan siklus II sebesar 96,3%. Dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran PjBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Pilangsari 1 Ngrampal.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

educatif

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of education. Educatif particularly focuses on the main problems in the development of the sciences of education areas as follows: 1. Teaching and Learning ...