Kemampuan berbicara anak masih cukup rendah dan masih terdapat kosakata yang digunakan oleh guru belum mampu dimengerti oleh anak, dimana guru hanya menggunakan metode bercerita menggunakan buku dalam mengembangkan berbicara anak sehingga pembelajaran kurang efektif, hal ini membuat anak mudah bosan dan asik bermain sendiri selama pembelajaran berlangsung,  oleh karena itu diperlukan penerapan media papan permainan berputar pada kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berbicara pada anak. Maka dari itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses penerapan media papan permainan berputar interaktif berbasis karakter dalam meningkatkan kemampuan berbicara pada anak kelompok B. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis data deskriftif. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B yang berjumlah lima orang anak kelompok B di TK Kartika X-14 dan teknik pengumpulan data kualitatif yaitu menganalisis data yang sudah terkumpul dan hasil observasi dan dokumentasi yang menyajikan data berbentuk deskritif. Analisis data pada penelitian ini mengumpulkan analisis data deskriptif. Berdasarkan penelitian ini bahwa dengan adanya peningkatan dalam penerapan media papan permainan berputar interaktif  berbasis karakter dapat membantu anak untuk meningkatkan kemampuan berbicara pada anak kelompok B. Dari hasil akhir penelitian terhadap lima anak kelompok B terdapat dua anak yang kemampuan berbicaranya mulai berkembang dan terdapat tiga anak yang kemampuan berbicaranya sesuai harapan Children's speaking ability is still quite low, and there is still vocabulary used by teachers that cannot be understood by children. Teachers only use the method of telling stories using books to develop children's speaking, so that learning is less effective. This makes children easily bored and enjoys playing alone for a long time. Learning is taking place; therefore, it is necessary to apply rotating board game media to learning activities to improve children's speaking skills. Thus, this research aims to find out how the process of implementing character-based interactive rotating board game media improves speaking skills in group B children. The research method used is descriptive-qualitative with descriptive data analysis. The subjects of this research were five group B children at Kindergarten Kartika. Data analysis in this research collects descriptive data. Based on this research, an increase in the application of character-based interactive rotating board game media can help children improve their speaking abilities in group B. From the final results of the research on five group B children, there were two children whose speaking skills began to develop, and three children whose speaking abilities met expectations.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024