Pembangunan di seluruh dunia saat ini menuntut pembangunan yang berkelanjutan. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) merumuskan sebuah tujuan global yang disebut dengan Sustainable Development Goals (SDGs) yang diamanatkan kepada seluruh negara anggota PBB untuk menjamin keberlangsungan kondisi sosial, ekonomi, dan lingkungan di masa depan. Indonesia sebagai anggota PBB juga dituntut dalam mengimplementasikan pembangunan berkelanjutan. Di sisi lain, Indonesia memiliki suatu ideologi yang berperan sebagai pandangan hidup yang menjamin keberlangsungan masyarakat, yaitu Pancasila. Dengan demikian, hubungan antara ideologi Pancasila yang telah dipelajari di berbagai jenjang pendidikan dengan amanat Sustainable Development Goals (SDGs) menjadi cukup relevan. Oleh sebab itu, dihasilkan pertanyaan penelitian yang berkaitan dengan pengaruh Pendidikan Pancasila terhadap Sustainable Development Goals (SDGs) di Indonesia. Metode yang digunakan dalam melakukan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan mengolah sumber literatur yang relevan dengan topik riset. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi penelitian selanjutnya dalam menggali potensi atau masalah lebih lanjut terkait pembangunan berkelanjutan di Indonesia.
Copyrights © 2024