Edunomia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi
Vol. 4 No. 1 (2023): November

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBANTUKAN MEDIA ARTICULATE STORYLINE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS

Karlina, Lilis (Unknown)
Afriza, Edi Fitriana (Unknown)
Srigustini, Astri (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 May 2023

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan berupa rendahnya tingkat kemampuan berpikir analitis peserta didik kelas X IPS di SMA Negeri 4 Kota Tasikmalaya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis peserta didik kelas X IPS pada mata pelajaran ekonomi melalui penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dengan bantuan media Articulate Storyline. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan desain kuasi eksperimen bentuk Nonequivalent control group design. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata N-Gain kelas eksperimen lebih tinggi yaitu sebesar 0,73 dibandingkan kelas kontrol yang hanya sebesar 0,64. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dengan bantuan media Articulate Storyline memberikan efektivitas yang lebih tinggi dalam meningkatkan kemampuan berpikir analitis peserta didik. Implikasi dari penelitian ini yaitu peserta didik mampu untuk menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang diberikan secara kreatif dengan langkah-langkah yang sistematis. Adapun keterbatasan dari penelitian ini yaitu terkait waktu penelitian yang cukup singkat

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

edunomia

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

EDUNOMIA is a journal of economic education of FKIP of Universitas Muhammadiyah Metro. This journal published two times a year every May and November, to accommodate the results of research, articles and scientific papers, to the entire course of economic education in ...