Ghancaran: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
2023: SPECIAL EDITION: LALONGET IV

Pengaruh Penggunaan Media Powtoon Terhadap Peningkatan Hasil Menulis Teks Persuasi pada Siswa Kelas VIII SMP Islam Dampit Kabupaten Malang

Umamy, Etty (Unknown)
Efendiy, Khoirul (Unknown)
Siwi S, Hanum Lintang (Unknown)
Intan A, Zauharotul Zana (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2023

Abstract

Salah satu penentuan fungsi penggunaan suatu media dalam Media dalam pembelajaran salah satunya berfungsi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, media memegang peran yang sangat penting. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Powtoon terhadap peningkatan hasil menulis teks persuasi siswa kelas VIII SMP Islam Dampit Kabupaten Malang. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes-pretest dan postest dan dianalisis secara statistik menggunakan komputerisasi SPSS versi 19.0 dengan analisis regresi serta uji hipotesa. Berdasarkan analisis data, diperoleh jumlah persentase; kooefisien media Powtoon, kooefisien korelasi sederhana, koefisien determinasi, signifikansi F secara berturut-turut; 29,3%, 77,1%, 59,4%, dan 40,6% yang menunjukkan bahwa media Powtoon memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan menulis teks persuasi siswa di kelas VIII SMP Islam Dampit kabupaten Malang, sehingga dapat direkomendasikan menjadi media pembelajaran yang efektif berkaitan dengan keterampilan menulis siswa dan teks persuasi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ghancaran

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal ini menerima kontribusi dalam bidang linguistik, sastra dan pengajaran dari berbagai perspektif, misalnya: pengajaran dan pembelajaran bahasa pertama, kedua, dan asing; bahasa dan sastra dalam pendidikan; perencanaan bahasa, pengujian bahasa; desain dan pengembangan kurikulum; multibahasa dan ...