Salah satu penentuan fungsi penggunaan suatu media dalam Media dalam pembelajaran salah satunya berfungsi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, media memegang peran yang sangat penting. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Powtoon terhadap peningkatan hasil menulis teks persuasi siswa kelas VIII SMP Islam Dampit Kabupaten Malang. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes-pretest dan postest dan dianalisis secara statistik menggunakan komputerisasi SPSS versi 19.0 dengan analisis regresi serta uji hipotesa. Berdasarkan analisis data, diperoleh jumlah persentase; kooefisien media Powtoon, kooefisien korelasi sederhana, koefisien determinasi, signifikansi F secara berturut-turut; 29,3%, 77,1%, 59,4%, dan 40,6% yang menunjukkan bahwa media Powtoon memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan menulis teks persuasi siswa di kelas VIII SMP Islam Dampit kabupaten Malang, sehingga dapat direkomendasikan menjadi media pembelajaran yang efektif berkaitan dengan keterampilan menulis siswa dan teks persuasi.
Copyrights © 2023