Ghancaran: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
2023: SPECIAL EDITION: LALONGET IV

Pengembangan Metode Project Based Learning “Ruang Literasi” untuk Peningkatan Keterampilan Menulis Artikel Ilmiah Mahasiswa Melalui Model Hybrid Learning

Sa’diyah, Ilmatus (Unknown)
Safitri, Eristya Maya (Unknown)
Arta, Safira (Unknown)
Irawan, Putri Nur Fadilah (Unknown)
Wulandari, Fitri (Unknown)
Ahmadi, Anas (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2023

Abstract

Studi mengenai menulis merupakan studi yang menarik perhatian peneliti, terutama bidang bahasa. Berkait dengan itu, penelitian ini bertujuan mengembangkan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan kualitas dan keterampilan menulis tulisan ilmiah mahasiswa. Metode pengembangan (R & D) yang meliputi tahapan: pendefinisian, perancangan, dan pengembangan untuk menguji keefektifan dan kualitas metode belajar PBL “Ruang Literasi” digunakan dalam penelitian ini. Pelaksanaan tahap pengembangan dilakukan melalui model hybrid learning. Data dalam penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif yang berasal dari nilai mahasiswa dan respons mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian, metode PBL “Ruang Literasi” menunjukkan bahwa metode PBL “Ruang Literasi” memiliki kualitas yang sangat baik karena dapat meningkatkan keterampilan menulis artikel ilmiah dan efektif diterapkan di kelas Bahasa Indonesia. Model hybrid learning juga mendukung keefektifan metode pembelajaran ini.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ghancaran

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal ini menerima kontribusi dalam bidang linguistik, sastra dan pengajaran dari berbagai perspektif, misalnya: pengajaran dan pembelajaran bahasa pertama, kedua, dan asing; bahasa dan sastra dalam pendidikan; perencanaan bahasa, pengujian bahasa; desain dan pengembangan kurikulum; multibahasa dan ...