Ghancaran: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
2023: SPECIAL EDITION: LALONGET IV

Penanaman Karakter Bersahabat melalui Cerita Anak Menggunakan Audio Book Difalitera pada Anak Usia 4-6 Tahun

Mubayyamah (Unknown)
Ubaidillah, A. Shafir (Unknown)
Badrih, Moh. (Unknown)
Ambarwati, Ari (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penanaman karakter bersahabat pada anak usia dini melalui cerita menggunakan sastra suara difalitera pada anak usia 4-6 tahun di Bimbingan Belajar Griya Belajar Malang. Desain dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif lapangan dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Data yang diperoleh adalah hasil wawancara dengan tentor dan wali siswa serta hasil observasi secara langsung, dan dokumentasi pada buku laporan harian aktivitas anak di sekolah. Objek dalam penelitian ini adalah anak usia 4-6 tahun yang melakukan bimbingan Calistung pada bimbingan belajar Griya Belajar Malang. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan . Hasil dalam penelitian ini yaitu deskripsi proses pelaksanaan penanaman karakter bersahabat pada anak usia dini yaitu deskripsi pelaksanaan pembelajaran selama 90 menit yang dibagi dalam beberapa materi yaitu membaca, menulis, berhitung dan menyimak cerita menggunakan sastra suara difalitera. Kemudian terdapat faktor yang menjadi penghambat dan pendukung dalam pelaksaan tersebut yaitu dukungan orang tua, kemenarikan cerita, kondusivitas lingkungan belajar, dan kondisi fisik. berdasarkan penanaman karakter tersebut anak lebih percaya diri kemudian anak juga dapat berkomunikasi dengan baik dengan teman sebayanya maupun teman di lain kelasnya. Implementasi untuk penelitian selanjutnya kajian tentang efektifitas antara cerita berbasis audio dan audiovisual pada anak usia dini untuk menanamkan nilai-nilai kebaikan strategis untuk dikembangkan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ghancaran

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal ini menerima kontribusi dalam bidang linguistik, sastra dan pengajaran dari berbagai perspektif, misalnya: pengajaran dan pembelajaran bahasa pertama, kedua, dan asing; bahasa dan sastra dalam pendidikan; perencanaan bahasa, pengujian bahasa; desain dan pengembangan kurikulum; multibahasa dan ...