Ghancaran: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
2023: SPECIAL EDITION: LALONGET IV

Implementasi Instrumen Asesmen Keterampilan Menulis Cerpen dengan Media Lagu Inspiratif untuk Siswa Kelas XI SMA di Era Merdeka Belajar

Santoso, Redin Surya Bagas (Unknown)
Suyono, Suyono (Unknown)
Harsiati, Titik (Unknown)
Sari, Nia Puspita (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2023

Abstract

Formulasi progam pendidikan membawai dampak yang progresif terhadap iklim belajar, terlepas dari aturan yang bersifat koheren-implementatif pada proses belajar mengajar saat ini. Peraturan Permendikbudristek No. 56 Tahun 2022 tentang pemulihan kebijakan kurikulum merdeka belajar terintegrasi secara sistematis dalam asesmen belajar maupun kapasitas beban kerja guru, kurikulum merdeka secara mendasar difungsikan sebagai kebebasan peserta didik memilih kurikulum belajar sesuai dengan asesmen pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan daya kreasi-inovasi guru untuk mendeterminasi kebutuhan yang diperlukan siswa serta hasil capaian belajar. Metode yang digunakaan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan (1) bentuk dan konstruksi instrumen asesmen keterampilan menulis cerpen dengan pemanfaatan media lagu inspiratif pada siswa kelas XI, (2) pelaksanaan asesmen menulis menggunakan media lagu inspiratif, dan (3) kendala yang dihadapi siswa dan guru dalam pembelajaran menulis cerpen. Pemanfaatan asesmen menulis cerpen menggunakan media lagu direalisasikan sebagai sarana komplementer guru untuk mengetahui daya kompetensi menulis siswa. Asesmen menulis dan rubrik penilaian menulis cerpen dirancang, guna membantu dalam mengukur hasil belajar siswa melalui kegiatan pembelajaran menggunakan media lagu berbasis nilai-nilai kehidupan serta sebagai sarana kreatif-inspiratif siswa dalam kegiatan menulis.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ghancaran

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal ini menerima kontribusi dalam bidang linguistik, sastra dan pengajaran dari berbagai perspektif, misalnya: pengajaran dan pembelajaran bahasa pertama, kedua, dan asing; bahasa dan sastra dalam pendidikan; perencanaan bahasa, pengujian bahasa; desain dan pengembangan kurikulum; multibahasa dan ...