Ghancaran: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
2023: SPECIAL EDITION: LALONGET IV

Efektivitas Baamboozle terhadap Kemampuan Memahami Teks Cerita Rakyat Sumatera Utara pada Siswa Kelas VII SMP

Kusyani, Diah (Unknown)
Adelina Ray, Sukma (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar keefektifan bamboozle dalam pembelajaran memahami teks cerita rakyat Sumatera Utara di SMP. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian one-group pretest-posttest. Hasil penelitian disimpulkan bahwa memahami teks cerita rakyat Sumatera Utara dengan menggunakan bamboozle oleh siswa kelas VII-1 SMP Negeri 1 Delitua memperoleh nilai rata-rata 83,61 sedangkan jika memahami teks cerita rakyat Sumatera Utara tanpa menggunakan bamboozle oleh siswa kelas VII-3 SMP Negeri 1 Delitua memperoleh nilai rata-rata 73,12. Aplikasi bamboozle efektif dalam memahami teks cerita rakyat Sumatera Utara. Signifikan pada penelitian ini yaitu 0,001 < 0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima artinya aplikasi bamboozle efektif untuk meningkatkan hasil pemahaman siswa terhadap teks cerita rakyat. Pada penelitian ini terdapat perbedaan yang signifikan dalam menggunakan bamboozle dengan tanpa menggunakan bamboozle terhadap kemampuan memahami teks cerita rakyat oleh siswa kelas VII-1 dan VII-3 SMP Negeri 1 Delitua, yakni bamboozle dinyatakan efektif dalam pembelajaran memahami teks cerita rakyat dan membuat siswa lebih semangat dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ghancaran

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal ini menerima kontribusi dalam bidang linguistik, sastra dan pengajaran dari berbagai perspektif, misalnya: pengajaran dan pembelajaran bahasa pertama, kedua, dan asing; bahasa dan sastra dalam pendidikan; perencanaan bahasa, pengujian bahasa; desain dan pengembangan kurikulum; multibahasa dan ...