Jurnal Profesi Kependidikan
Vol 5, No 1 APR (2024)

Peningkatan Kemampuan Kognitif Melalui Kegiatan Mengurutkan Benda Dari Ukuran Besar-Kecil Dengan Media Gambar Kelompok B Di TK Tunas Harapan Batulappa Kab.Luwu

Darnawati, Darnawati (Unknown)
Rusmayadi, Rusmayadi (Unknown)
Marhamah, Ainun (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan kognitif anak dapat ditingkatkan melalui kegiatan mengurutkan benda dari ukuran besar–kecil dengan media gambar di TK Harapan Batulappa. Jenis penelitan adalah penelitian tindakan kelas, subjek penelitian adalah kelompok B di TK Tunas Harapan Batulappa semester I 2021-2022 sebanyak 6 anak, berdasarkan hasil observasi kemampuan kognitif anak rendah. Penelitian dilaksanakan dua tahap yaitu siklus I dan siklus II. Analisis data menunjukkan kemampuan kognitif anak sebesar 61% pada siklus I dan 85 % pada sikus II. Hasil penelitian disimpulkan bahwa melalui kegiatan mengurutkan benda dari ukuran besar-kecil dengan media gambar dapat meningkatkan kognitif anak.Kata kunci: Kemampuan Kognitif, Mengurutkan benda dengan media gambar

Copyrights © 2024